Cara Melindungi Mata Pada Saat Menyaksikan Gerhana Matahari

1715032mata6340x340

Gerhana matahari keseluruhan & sebahagian dapat menyapu wilayah Indonesia terhadap Rabu (9/3/2016) pagi akan datang. Fenomena unik yg jarang berlangsung ini pasti menarik buat disaksikan.

Tetapi, janganlah buru-buru mengarahkan pandangan ke arah matahari. Ada beberapa perihal mutlak yg harus diperhatikan sebelum melihat sang surya terhalang bln.

Berikut penjelasannya, sama seperti dirangkum KompasTekno dari beraneka ragam sumber.

Bahaya tersembunyi

Elemen perdana yg mesti diingat, jangan sampai menyaksikan matahari dengan cara segera dgn mata telanjang! Ini pun berlaku utk gerhana matahari keseluruhan & sebahagian.

Cahaya dari sinar matahari mempunyai intensitas amat tinggi & dapat merusak retina di belakang bola mata. Keadaan ini dikenal melalui istilah solar retinopathy & sanggup menyebabkan kerusakan permanen.

Memang Lah, matahari disaat gerhana mampu lebih “nyaman” diliat sebab seolah meredup. Tetapi, justru di sinilah letak bahayanya.

Struktur bola mata. Iris melebar & menyempit buat mengatur intensitas cahaya yg masuk, dulu lensa memfokuskan cahaya ke retina. Bidang retina yg berfungsi mengubah cahaya jadi sinyal listrik ke otak inilah yg rentan rusak terkena cahaya berlebih.
Pupil di lensa mata tidak dapat bereaksi bersama serasi dalam keadaan level kontras yg tinggi, seperti yg berjalan kala gerhana matahari dikala langit seputar beralih gelap.

Sektor pengatur cahaya yg masuk ke mata bersama trik mengatur lebar bukaan iris itu bekerja bersama mengukur cahaya total di lingkungan lebih kurang, bukan obyek yg paling jelas.

Alhasil, diwaktu memandang gerhana yg diselimuti langit gelap, pupil mata justru melebar maka jumlah cahaya yg masuk dan terfokus pada retina meningkat.

Padahal, intensitas cahaya di sektor matahari yg tak tertutup bln tatkala gerhana (baik diwaktu gerhana sebahagian ataupun “cincin” disaat gerhana keseluruhan) sama dgn waktu-waktu biasa.

Cahaya kuat dari matahari juga bebas melenggang masuk ke mata tidak dengan mampu dicegah, & sejak mulai merusak retina. Proses ini terjadi tidak dengan rasa sakit maka kerap menciptakan orang tidak sadar matanya sejak mulai rusak.

Kiat melindungi mata

Dulu, dengan cara apa caranya biar mampu melihat gerhana matahari dgn aman? Gampang saja. Kalau mau menonton serta-merta dgn mata, pakai kacamata husus yg didesain utk menyaksikan gerhana.

Kacamata-kacamata gerhana ini dipasarkan di sekian banyak toko buku Gramedia & juga dapat diperoleh melalui banyaknya e-commerce di Indonesia.

Jangan Sampai memanfaatkan kacamata hitam biasa dikarenakan cahaya matahari yg menembus tetap terlampaui kuat.

Kacamata kusus buat melihat gerhana matahari yg dipasarkan kusus di Gramedia.

Observasi dengan cara tak serentak mampu dilakukan bersama memanfaatkan teleskop.

Caranya bukan meneropong bersama mata sebab justru berbahaya, tapi bersama memproyeksikan cahaya dari teleskop ke sektor rata dengan warna putih, seperti kertas atau karton.

Metode pengamatan lain yg dapat dicoba yakni dgn menciptakan “pinhole”. Kiat selengkapnya sanggup disimak dalam video di akhir artikel di tautan berikut.

diluar itu, kita sanggup juga mengamati gerhana melalui sarana live view atau LCD di camera digital. Tetapi, camera pula memerlukan proteksi kusus.

 

Bandar Bola Terbaik