Seperti Ponsel 4G, Palapa Ring Juga Akan Terkena TKDN

1638009Palapa-Ring-II780x390

Aturan soal Tingkat Kandungan Dalam Negara (TKDN) atau konten lokal bukan hanya berlaku buat hp 4G saja. Kemudian, aturan ini pula dapat diberlakukan utk pelaksanaan proyek Palapa Ring.

Menteri Komunikasi & Informatika Rudiantara menyampaikan aturan tentang perihal tersebut cepat disusun. Mungkin Saja baru dapat diterapkan ketika tender di Palapa Ring Paket Timur.

Kelak dapat diatur persentasenya, kita inginnya semaksimal bisa saja TKDN,” pungkas Rudiantara usai penandatanganan proyek Palapa Ring Paket Tengah, di Gedung Kementerian Perekonomian, Jakarta.

Dalam peluang yg sama, Menteri Perindustrian Saleh Husin pun mengemukakan harapannya supaya aturan TKDN diterapkan ke tender Palapa Ring dikarenakan akan memberikan beraneka ragam keuntungan bagi Indonesia.

Katanya dikala ini telah ada 10 perusahaan yg sanggup memproduksi kabel serat optik. Kabel ini ialah salah satu keperluan penting dalam proyek Palapa Ring.

Dalam catatan Saleh seluruhnya perusahaan tersebut, tidak dengan merinci nama masing-masing perusahaan, telah mampu memproduksi kabel serat optik sampai 1,6 juta km per th.

Kami mengharapkan dari Menkominfo serta sanggup memerintahkan deretan di bawahnya supaya mampu menggunakan product dalam negara utk mensupport proyek tersebut, ujarnya.

Jikalau memanfaatkan product dalam negara mampu member nilai tambah & memperbanyak jumlah tenaga kerja yg diserap, pungkasnya.

Soal TKDN tersebut, ke-2 menteri ini sepakat utk membicarakan lebih lanjur, termasuk juga soal perusahaan-perusahaan dalam negara yg mampu memasok kabel serat optik.

diluar itu masihlah ada masalah yg mesti dibenahi terkait pajak utk kabel serat optik. sejauh ini kabel serat optik lokal dikenakan pajak pertambahan nilai, sedangkan product mirip yg diimpor justru bebas pajak.

Menurut ke-2 menteri tersebut, faktor ini harus dibenahi dahulu sebelum hasilnya mengaplikasikan aturan TKDN.

Seandainya kebijakan itu sanggup melindungi industri lokal, pasti dapat kita dukung.

 

Bandar Bola Terbaik