Dua Siswi Yogya Ini Ciptakan Ruangan Gula Husus buat Penderita Diabetes

penemu tempat gula khusus diabetes

Jakarta – Mengonsumsi gula bagi para penderita diabetes memang lah mesti hati-hati. Bila berlebihan sehingga sanggup berbahaya bagi kesehatan.

Pergi dari factor ini dua peserta didik asal SMA N 1 Yogyakarta, Desti Pinasti Putri & Yossinta Rahmandati membuat satu buah media penyimpan gula kusus buat penderita diabetes. Nama fasilitas temuan mereka yaitu ‘Sugar Revolver’ sebagi inovasi wadah gula pasir yang merupakan pengontrol mengonsumsi gula pasir bagi penderita diabetes melitus kategori II.

“Ini husus utk penderita diabetes dikarenakan penderita diabeteel melitus disebabkan oleh gaya hidup yg tak sehat, menjadi kita menciptakan wadah gula utk mengontrol mengkonsumsi gula utk penderita diabetes,” kata Desti ketika berbincang bersama detikcom, Jumat (4/9/2015).

Tidak Cuma itu media ini serta ialah inovasi dari sarana rumah tangga yg telah ada. Wadah gula yg kebanyakan rentan pada semut, tetapi media ini anti semut & anti air.

“Anti semut lantaran bisa saja utk buka tutup botolnya mungil, cuma di buka diwaktu dapat diisi. Waktu diperlukan itu tak mesti di buka, cuma tinggal diputar saja,” tuturnya.

Desti menyampaikan sarana ini benar-benar simpel & mempunyai sekian banyak sektor, mula-mula sektor penutup sbg ‘pintu masuk’ gula, dulu ada penampung yg terbuat dari plastik utk menaruh stok gula yg ukurannya tak terlampaui akbar cuma seukuran gelas. dibawah ruang penampungan ada tabung-tabung mungil sejumlah 3 buah yg berisi gula. Satu tabung berisi satu sendok teh gula pasir, & terakhir corong yang merupakan ruang keluarnya gula. Wujud 3 tabung itu serupa bersama lokasi peluru di dalam pistol maka disebut ‘Sugar Revolver’.

“Penampungnya ada tutupnya di bawah & bolong-bolong buat aliran gula ke tabung-tabung mungil. Di bawah tabung ada pemutar buat keluarnya gula. Menjadi sehari penderita diabetes cuma boleh mengonsumsi gula 3 tabung mungil,” ucapnya.

“Penderita diabetes melitus II itu cuma boleh mengonsumsi gula pasir maksimal sehari 3 sendok teh. Cocok bersama takaran 3 tabung mungil itu,” imbuhnya.

Sarana ini dibuat dari bahan plastik supaya tidak gampang pecah & mampu diboyong kemana-mana. Harganya pun relatif murah, utk satu piranti ‘sugar revolver’ cuma menghabiskan dana Rupiah 30 ribu.

“Ini tetap tetap kami kembangkan wujudnya supaya lebih sempurna,” kata Desti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *